Studium Generale Prodi Manajemen Dakwah, Paparkan Strategi Dakwah Islam di Era Milenial
Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Kudus menggelar kegiatan Studium Generale dengan mengusung topik “Strategi Dakwah Islam di Era Milenial”, Sabtu (05/11/2022).
Bertempat di Aula Lt. 3 Gedung Rektorat, kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa IAIN Kudus beserta tamu undangan. Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini yaitu Dekan Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut, Dr. Hj. Hilda Ainis Syifa, M.Ag. Dalam paparannya, Hilda menjelaskan bahwa dakwah merupakan suatu proses yang berkesinambungan dan aktivitas dinamis yang mengarah kepada kebaikan, pembinaan, dan pembentukan masyarakat yang bahagia baik di dunia dan akhirat melalui ajakan yang kontinyu kepada kebaikan serta mencegah mereka dari hal-hal yang mungkar.
“Dakwah merupakan kewajiban bagi umat Islam secara keseluruhan, baik secara individu sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya masing-masing maupun secara berkelompok atau kelembagaan yang diorganisir secara rapi dan modern,” imbuhnya.
Lebih lanjut, Hilda juga menyampaikan tentang pentingnya strategi dakwah di era milenial karena masyarakat sekarang ini sudah tidak hanya mengandalkan pergi ke tempat ulama sebagai sumber satu-satunya untuk mendapatkan pengetahuan keagamaan.
“Di era milenial ini, perkembangan teknologi yang serba canggih adalah sebuah peluang besar para kader dan juru dakwah untuk terus memikirkan cara berdakwah. Tiada lain sebuah ijtihad dalam mencari peluang-peluang pesan dakwah yang bisa disalurkan ke berbagai media,” jelasnya.
Hilda juga berpesan di akhir paparannya bahwa dakwah di era milenial ini dapat dilakukan dengan memposisikan dakwah sebagai ilmu yang dapat dikembangkan dan dievaluasi keberadaannya.
“Keilmuan dakwah perlu dikembangkan menjadi ilmu komunikasi Islam yang lebih kompatibel dengan perkembangan masyarakat dan ilmu pengetahuan di era milenial ini,” tutupnya. (Ins)